MAKALAH SUMBER DAYA PARIWISATA

03:40:00
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer yang meliputi litosfer, atmosfer, hidrosfer, antroposfer, dan biosfer dalam sudut pandang kelingkungan, kewilayahan, dan keruangan. Di dalam geografi dipelajari sumberdaya yang merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi dan meningkatkan kesejahteraan manusia.
Sumberdaya adalah segala sesuatu yang bernilai apabila diproduksi, diolah dan digunakan. Salah satu pemanfaatan sumberdaya dalam geografi adalah sebagai objek wisata. Objek wisata dari sudut pandang geografi dipelajari dalam konsep geografi pariwisata.
Objek kajian geografi yang umumnya menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah dari segi iklim, flora dan fauna, keindahan alam, adat istiadat, budaya penduduk, transportasi baik itu darat, laut atau udara, dan sebagainya.
Pariwisata meupakan sektor usaha yang penting bagi beberapa negara di dunia. Hal itu dikarenakan karakteristik sumber daya alam yang unik dan diolah dengan sumber daya manusia yang memadai. Kondisi alam yang diberikan secara cuma-cuma oleh Allah SWT membantu manusia untuk mengembangkannya menjadi lebih baik, jadi manusia tidak perlu lagi memunculkan potensi alam tetapi tinggal mengembangkan dan melestarikannya.
Salah satu negara yang memiliki potensi pariwisata yang beragam adalah Indonesia. Tidak hanya keragaman flora dan fauna saja, Indonesia juga memiliki keragaman budaya serta peninggalan buda dan sejarah yang menjadi kekayaan yang sangat berharga. Semua potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melakukan perjalanan dalam rangka mengunjungi daerah wisata tersebut.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli
Secara etimologis pariwisata berasal dari bahasa sansekerta, yang terdiri dari dua suku kata Pari yang berarti banyak, berkali-kali, berputar-putar, lengkap. Dan kata wisata yang berarti perjalanan, bepergian yang bersinonim dengan kata travel dalam bahasa Inggris, maka dapat di artikan bahwa pariwisata adalah perjalanan yang dilakukan berkali-kali atau berputar-putar dari satu tempat ke tempat lain (Yoeti 1996:112)
Menurut UU No.9 tahun 1990 Bab 1 Pasal 1:
Wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata. Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha yang terkait di bidang tersebut. Kepariwisataan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pariwisata. Artinya semua kegiatan dan urusan yang ada kaitannya dengan perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, pengawasan, pariwisata baik yang dilakukan oleh pemerintah, pihak swasta dan masyarakat disebut Kepariwisataan.
Menurut James J. Spillance
Pariwisata adalah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain yang bersifat sementara, dilakukan perorangan atau kelompok sebagai usaha mencari keseimbangan, keserasian dalam dimensi sosial budaya dan ilmu.
Menurut Mc. Intosh dan Goelder
Pariwisata adalah ilmu atau seni dan bisnis yang dapat menarik dan menghimpun pengunjung, termasuk didalamnya bebagai akomoditasi dan catering yang dibutuhkan dan diminati oleh pengunjung.
Menurut Gluckmann
Keseluruhan hubungan antar manusia yang hanya berada sementara waktu dalam suatu tempat dengan manusia yang tinggal di tempat itu
Menurut Oka A Yoeti
Suatu perjalanan yang dilakukan untuk sementara waktu yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat lain dengan maksud bukan mencari nafkah ditempat yang dikunjunginya tetapi semata-mata untuk menikmati perjalanan tersebut guna bertamasya memenuhi keinginan yang beragam.

B.     Pariwisata dalam Kajian Geografi

Setiap ilmu pasti tidak ada yang dapat berdiri sendiri. Setiap ilmu saling berhubungan satu sama lainnya. Begitupun dengan ilmu pariwisata tidak dapat dilepaskan hubungannya dengan geografi.


Makalah Selengkapnya Download Disini

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

informasi yg bermanpaat dan menambah wawasan hatur nuhun salam kenal kawan

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔