Search This Blog

Loading...

Friday, 14 September 2012

Makalah Vektor


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang Masalah
Di samping besaran-besaran pokok seperti massa, waktu, suhu, panjang, intensitas cahaya, kuat arus, dan jumlah zat, masih ada satu hal lagi dalam ilmu fisika yang perlu diketahui yaitu : sifat yang menyangkut arah. Hukum Newton yang membahas tentang gerak, biasanya kita pelajari  ada 3, dimana ketiga hukum tersebut sering menjadi acuan kita untuk meninjau suatu gerak.
Oleh karena itu besaran-besaran tersebut masih dapat dibagi dalam dua golongan yaitu : besaran Skalar dan besaran Vektor. Besaran Skalar : adalah besaran yang hanya ditentukan oleh besarnya atau nilainya saja. Contoh : panjang, massa, waktu, kelajuan, dan sebagainya.

1.2.    Rumusan Masalah
  1. Bagimana pengertian vektor dalam ilmu fisika?
  2. Bagimanakah sifat-sifat vektor?
  3. Apa yang dimaksud pengayaan?



BAB II
LANDASAN TEORI

Besaran Vektor : adalah Besaran yang selain ditentukan oleh besarnya atau nilainya, juga ditentukan oleh arahnya. Contoh : kecepatan, percepatan, gaya dan sebagainya. Dua buah vektor dikatakan sama apabila keduanya memiliki panjang dan arah yang sama. Dua Buah Vektor disebut sejajar (paralel) apabila garis yang merepresentasikan kedua buah vektor sejajar.
                Vektor dalam matematika dan fisika adalah obyek geometri yang memiliki besar dan arah. Vektor jika digambar dilambangkan dengan tanda panah (→). Besar vektor proporsional dengan panjang panah dan arahnya bertepatan dengan arah panah. Vektor dapat melambangkan perpindahan dari titik A ke B. Vektor berperan penting dalam fisika: posisi, kecepatan dan percepatan obyek yang bergerak dan gaya dideskripsikan sebagai vektor.




Selengkapnya Download disini




Ditulis Oleh : Agus Maulana // Friday, September 14, 2012
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

 

By

Twitter

...................

Powered by Blogger.

..................

...............