Penelitian Tindakan Kelas

08:43:00

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Belajar adalah salah satu usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru serta keseluruhan sebagai hasil pengamatannya dalam interaksi dengan lingkungan (Slameto: 2011.2). Keberhasilan proses dan hasil pembelajaran di kelas di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah guru dan siswa. Selain menguasai materi seorang guru juga diharapkan untuk mengusai strategi-strategi penyampaian materi tersebut, cara guru menciptakan suasana kelas akan berpengaruh terhadap respon siswa dalam proses pembelajaran. Apabila guru berhasil menciptakan suasana yang menyebabkan siswa termotivasi aktif dalam belajar akan memungkinkan terjadi peningkatan hasil belajar.
Dari hasil observasi dan kenyataan selam mengikuti PPL di SMP Negeri 2 Peusangan. Kegiatan pembelajaran masih diterapkan dengan metode ceramah dan catat sehingga siswa hanya menerima materi yang disampaikan guru. Guru juga jarang menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif. Guru biologi di SMP Negeri 2 Peusangan kelas VII3 selalu merasa tidak puas dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hambatan yang ditemui antara lain adalah kelas selalu pasif, motivasi siswa untuk belajar sangat rendah dan sangat sulit untuk menimbulkan interaksi baik antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru, sehingga kelas selalu didominasi oleh guru. Apalagi dalam materi ciri-ciri makhluk hidup yang sangat besar pengaruhnya bagi pemahaman siswa. Hal ini terlihat dari hasil ulangan harian yang dicapai oleh siswa sangat rendah. Dari kenyatan tersebut, diperlukan upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dan meningkatkan prestasi pembelajaran biologi.
Menurut Ibrahim (2000) TPS memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa untuk yang lebih banyak untuk berpikir, menjawab dan saling memberikan satu sama lain. TPS adalah sebagai ganti tanya jawab seluruh kelas. Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas peneliti mengadakan suatu penelitian yang berjudul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Think-Pair-Share (TPS)  Dikelas VII3 SMP Negeri 2 Peusangan.

1.2    Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah diatas, maka dapat diidentifikasi beberapa masalah dalam penelitian ini adalah:
1.        Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII3  pada materi ciri-ciri makhluk hidup masih rendah.
2.        Ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII3 masih sangat rendah terutama pada materi ciri-ciri makhluk hidup.
3.        Peningkatan nilai perkembangan dan penghargaan kelompok belum memuaskan terutama pada materi ciri-ciri makhluk hidup.
4.        Respon siswa dan guru masih sangat rendah terutama pada materi ciri-ciri makhluk  hidup. 

1.3    Rumusan Masalah
1.        Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VII3 melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
2.        Bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII3 melalui model kooperatif TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup diu SMP Negeri 2 Peusangan.
3.        Bagaimana peningkatan nilai perkembangan dan penghargaan kelompok melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
4.        Bagaimana aktifitas siswa dan guru melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.

1.4    Tujuan Penelitian
1.        Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII3 melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
2.        Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII3 melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
3.        Untuk mengetahui peningkatan nilai perkembangan dan penghargaan kelompok melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
4.        Untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.

1.5    Manfaat penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.        Bagi siswa, dengan penerapan model kooperatif tipe TPS ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada mata pelajaran biologi di kelas VII3 SMP Negeri 2 Peusangan.
2.        Bagi guru, dengan diterapkan model kooperatif tipe TPS ini dapat dijadikan salah satu bahan masukan dalam hal merancang model pembelajaran agar dapat mencapai hasil yang optimal guna meningkatkan prestasi belajar siswa.
3.        Bagi sekolah, untuk dapat dijadikan salah Satu bahan masukan dalam rangka meningkatkan dan memperbaiki kualitas pendidikan.
4.        Bagi peneliti, hasil penelitian ini diharapkan menjadi landasan berpijak dalam rangka menindak lanjuti penelitian ini dengan ruang lingkup yang lebih luas.



Selengkapnya Download disini





Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔