Search This Blog

Loading...

Thursday, 13 September 2012

Makalah Tentang Kalimat


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sekurang-kurangnya kalimat dalam ragam resmi, baik lisan maupun tertulis, harus memiliki subjek (S) dan predikat (P). Bila tidak memiliki unsur subjek dan unsur predikat, pernyataan itu bukanlah kalimat. Kata yang seperti itu hanya dapat disebut sebagai frasa. Inilah yang membedakan kalimat dengan frasa. Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Dalam wujud lisan kalimat diucapkan dengan suara naik turun, dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir. Dalam wujud tulisan berhuruf latin kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. (.), tanda tanya (?) dan tanda seru (!).
Kalimat dapat terdiri dari banyak kata dan banyak klausa. Kalimat yang memiliki banyak klausa disebut kalimat majemuk dan kalimat yang hanya terdiri dari satu klausa disebut kalimat tunggal. Beberapa contoh akan dijelaskan di sini untuk dapat membantu pembaca sehingga dapat lebih mengerti akan bahasan makalah ini yaitu unsur dan struktur kalimat.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian kalimat?
2.      Apa saja unsur kalimat?

C.    Tujuan Penulisan
Makalah ini dibuat untuk :
1.      Menjelaskan unsur kalimat kepada pembaca.
2.      Menambah pengetahuan akan penggunaan kalimat yang baik dan benar.
3.      Memberikan contoh-contoh unsur kalimat.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Kalimat
Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil dalam wujud lisan/tulisan yang memiliki ciri dapat berdiri sendiri dan memiliki makna yang utuh. Kalimat memiliki intonasi akhir, baik yang mendatar, menaik, maupun menurun dan memiliki klausa dengan dua unsur pokok yaitu subjek dan predikat.
Berikut ini adalah contoh kalimat secara umum :
Ø  Angga adalah pemenang lomba Masak Daging Kuda yang pertama.
Ø  Pergi!
Ø  Bang Napi dihadiahi timah panas oleh polisi yang mabok minuman keras itu.
Setiap kalimat memiliki unsur penyusun kalimat. Gabungan dari unsur-unsur kalimat akan membentuk kalimat yang mengandung arti. Unsur-unsur inti kalimat antara lain SPOK.



Selengkapnya Download disini

0 komentar:

Post a Comment

 

..............

By

Twitter

...................

Powered by Blogger.

..................

...............