BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Belajar
adalah salah satu usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku yang baru serta keseluruhan sebagai hasil pengamatannya
dalam interaksi dengan lingkungan (Slameto: 2011.2). Keberhasilan proses dan
hasil pembelajaran di kelas di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain
adalah guru dan siswa. Selain menguasai materi seorang guru juga diharapkan
untuk mengusai strategi-strategi penyampaian materi tersebut, cara guru
menciptakan suasana kelas akan berpengaruh terhadap respon siswa dalam proses
pembelajaran. Apabila guru berhasil menciptakan suasana yang menyebabkan siswa
termotivasi aktif dalam belajar akan memungkinkan terjadi peningkatan hasil
belajar.
Dari
hasil observasi dan kenyataan selam mengikuti PPL di SMP Negeri 2 Peusangan.
Kegiatan pembelajaran masih diterapkan dengan metode ceramah dan catat sehingga
siswa hanya menerima materi yang disampaikan guru. Guru juga jarang menggunakan
model-model pembelajaran yang inovatif. Guru biologi di SMP Negeri 2 Peusangan
kelas VII3 selalu merasa tidak puas dalam melaksanakan proses
pembelajaran. Hambatan yang ditemui antara lain adalah kelas selalu pasif,
motivasi siswa untuk belajar sangat rendah dan sangat sulit untuk menimbulkan
interaksi baik antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru,
sehingga kelas selalu didominasi oleh guru. Apalagi dalam materi ciri-ciri
makhluk hidup yang sangat besar pengaruhnya bagi pemahaman siswa. Hal ini
terlihat dari hasil ulangan
harian yang dicapai oleh siswa sangat rendah. Dari kenyatan tersebut,
diperlukan upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dan meningkatkan prestasi
pembelajaran biologi.
Menurut
Ibrahim (2000) TPS memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk
memberi siswa untuk yang lebih banyak untuk berpikir, menjawab dan saling
memberikan satu sama lain. TPS adalah sebagai ganti tanya jawab seluruh kelas.
Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas peneliti mengadakan suatu
penelitian yang berjudul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe
Think-Pair-Share (TPS) Dikelas VII3
SMP Negeri 2 Peusangan.
1.2 Identifikasi Masalah
Dari
latar belakang masalah diatas, maka dapat diidentifikasi beberapa masalah dalam
penelitian ini adalah:
1.
Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII3 pada materi ciri-ciri makhluk hidup masih
rendah.
2.
Ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII3
masih sangat rendah terutama pada materi ciri-ciri makhluk hidup.
3.
Peningkatan nilai perkembangan dan penghargaan
kelompok belum memuaskan terutama pada materi ciri-ciri makhluk hidup.
4.
Respon siswa dan guru masih sangat rendah terutama
pada materi ciri-ciri makhluk
hidup.
1.3 Rumusan Masalah
1.
Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa
kelas VII3 melalui model kooperatif tipe TPS pada materi
ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
2.
Bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII3
melalui model kooperatif TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup diu SMP Negeri
2 Peusangan.
3.
Bagaimana peningkatan nilai perkembangan dan
penghargaan kelompok melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri
makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
4.
Bagaimana aktifitas siswa dan guru melalui model
kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2
Peusangan.
1.4 Tujuan Penelitian
1.
Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
kelas VII3 melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri
makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
2.
Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa
kelas VII3 melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri
makhluk hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
3.
Untuk mengetahui peningkatan nilai perkembangan dan
penghargaan kelompok melalui model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk
hidup di SMP Negeri 2 Peusangan.
4.
Untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru melalui
model kooperatif tipe TPS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2
Peusangan.
1.5 Manfaat penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagi siswa, dengan penerapan model kooperatif tipe
TPS ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada mata
pelajaran biologi di kelas VII3 SMP Negeri 2 Peusangan.
2.
Bagi guru, dengan diterapkan model kooperatif tipe
TPS ini dapat dijadikan salah satu bahan masukan dalam hal merancang model
pembelajaran agar dapat mencapai hasil yang optimal guna meningkatkan prestasi
belajar siswa.
3.
Bagi sekolah, untuk dapat dijadikan salah Satu bahan
masukan dalam rangka meningkatkan dan memperbaiki kualitas pendidikan.
4.
Bagi peneliti, hasil penelitian ini diharapkan
menjadi landasan berpijak dalam rangka menindak lanjuti penelitian ini dengan
ruang lingkup yang lebih luas.
Selengkapnya Download disini
0 Komentar
Penulisan markup di komentar