BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Sampai sekarang pendidikan kita
masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta
yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama
pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Untuk itu
diperlukan sebuah strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa. Sebuah
strategi belajar yang tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta, tetapi
sebuah strategi yang mendorong siswa mengkontruksikan di benak mereka sendiri.
Dalam proses belajar, anak belajar dari pengalaman sendiri, mengkonstruksi
pengetahuan kemudian memberi makna pada pengetahuan itu. Melalui proses belajar
yang mengalami sendiri, menemukan sendiri, secara berkelompok seperti bermain,
maka anak menjadi senang, sehingga tumbuhlah minat untuk belajar, khususnya
belajar Geografi
1.2.Rumusan Masalah
Apakah model pembelajaran group
Investigation (menemukan secara berkelompok) dapat meningkatkan minat belajar
Geografi bagi siswa ?
1.3.Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah agar siswa meningkatkan minatnya
dalam belajar Geografi; sehingga siswa memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan
perubahan sikap yang positif.
1.4.Manfaat Dan Hasil Penelitian
a. Siswa : Siswa termotivasi sehingga
senang belajar Geografi dan dapat memperoleh pengalaman belajar.
b. Guru : Dapat menambah wawasan
tentang strategi pembelajaran.
c. Sekolah : Untuk meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah
d. Pengembangan Kurikulum : Merupakan
upaya penyempurnaan Kurikulum
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1.Minat
Minat ialah suatu pemusatan
perhatian yang tidak disengaja yang terlahir dengan penuh kemauannya dan yang
tergantung dari bakat dan lingkungan (Sujanto Agus : 1981). Dalam belajar diperlukan
suatu pemusatan perhatian agar apa yang dipelajari dapat dipahami; Sehingga
siswa dapat melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Terjadilah
suatu perubahan kelakuan.
Perubahan kelakuan ini meliputi
seluruh pribadi siswa; baik kognitip, psikomotor maupun afektif. Untuk
meningkatkan minat, maka proses pembelajaran dapat dilakukan dalam bentuk
kegiatan siswa bekerja dan mengalami apa yang ada di lingkungan secara
berkelompok.
2.2.Belajar
Belajar adalah suatu proses
perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. (Hamalik
Pemar : 2001). Menurut pengertian ini belajar merupakan suatu proses yakni
suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Yang menjadi hasil dari
belajar bukan penguasan hasil latihan melainkan perubahan tingkah laku. Karena
belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku, maka diperlukan pembelajaran
yang bermutu yang langsung menyenangkan dan mencerdaskan siswa.
Suasana kondisi pembelajaran yang
menyenangkan dan mencerdaskansiswa itu salah satunya dapat tercipta melalui
model pembelajaran Group Investigation.
Selengkapnya Download disini
0 Komentar
Penulisan markup di komentar